PLTA Kayan Akan Munculkan Potensi Wisata

Dibangunnya PLTA Kayan di Kalimantan Utara berpotensi memunculkan berbagai potensi wisata. Mulai dari wisata kuliner hingga pusat pesta rakyat.

Pembangunan PLTA Kayan yang direncanakan Pemerintah Indonesia jadi angin segar bagi Pemprov dan masyarakat Kaltara. Pasalnya, dengan adanya PLTA Kayan di Kaltara, berbagai potensi wisata akan muncul. Potensi tersebut tidak hanya akan memajukan fasilitas di Kaltara, namun juga meningkatkan pendapatan masyarakat.

Rencana pembangunan direncakanan mulai akhir tahun 2019. Dalam pembangunannya, PT Kayan Hydro Energy akan memimpin pembangunan. PLTA ini diproyeksi mampu menghasilkan listrik sebesar 9.000 MW. Besarnya kapasitas listrik yang dihasilkan menjadikan PLTA Kayan sebagai PLTA terbesar di Indonesia.

PLTA Kayan Tak Sekadar Pasok Kebutuhan Energi

Untuk menghasilkan listrik sebesar 9.000 MW, KHE akan membendung Sungai Kayan. Bendungan akan dibangun sebanyak lima unit. Masing-masing unit memiliki kapasitas yang berbeda. Dengan adanya bendungan tersebut, potensi wisata baru diperkirakan akan muncul. Beberapa potensi yang mungkin dibangun di bendungan Kayan adalah sebagai berikut.

  1. Taman

Bukan hal baru jika kawasan waduk sering dijadikan rujukan tempat wisata. Oleh karena itu, pembuatan taman di sekitar waduk bisa saja dilakukan. Dengan adanya taman tersebut, warga sekitar dapat melakukan berbagai kegiatan. Terkait konsep taman, pengelola dapat menyesuaikan dengan berbagai pertimbangan yang ada.

Di sekitar PLTA Kayan dapat dibangun spot foto unik seperti yang ada pada gambar (blog.airyrooms.com)
  1. Pusat Pesta Rakyat

Di beberapa kota, pusat pesta rakyat sering dilakukan di alun-alun atau tanah lapang. Kaltara dapat menjadikan kawasan PLTA Kayan sebagai pusat pesta rakyat. Dengan adanya tempat semacam itu, pemerintah dapat mengadakan kegiatan tahunan secara rutin.

  1. Wahana Foto Instagram

Untuk menarik minat anak muda Kaltara, Pemprov disarankan membangun wahana foto. Spot cantik dan unik kini dianggap sebagai hal yang lumrah di setiap tempat wisata. Wahana ini sangat digemari oleh anak muda. Dengan adanya wahana foto, pemasaran wisata Kaltara jadi lebih mudah

  1. Pusat Kuliner

Pusat kuliner tidak hanya jadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, bahkan dapat memajukan UMKM kuliner masyarakat Kaltara. Pusat kuliner juga akan meningkatkan penghasilan warga di sekitar Kaltara. Untuk masalah konsep, pengelola dapat membuat wisata kuliner apung atau darat. Masing-masing memiliki daya tarik yang besar.

  1. Wisata Edukasi

Tidak hanya menyediakan wisata yang bersifat menghibur, wisata edukasi nampaknya perlu diadakan di sekitar waduk Sungai Kayan. Wisata ini menyasar para pelajar atau mahasiswa di Kalimantan Utara. Pengelola PLTA Kayan dapat membangun atau mengadakan semacam tour bagi siswa dan mahasiswa ke area PLTA dan sekitarnya. Tujuan utama wisata edukasi di PLTA adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai teknologi dan cara kerja PLTA. Pengelola dapat membuat berbagai tawaran menarik terkait wisata edukasi Kayan nantinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*